Senin, 13 Oktober 2014

Bercocok Tanam dengan Media Limbah Kertas

Sebaiknya mulai sekarang Anda tidak membuang kertas bekas karena benda yang dinilai sebagai sampah tersebut masih bermanfaat. Salah satunya bisa menjadi media pengganti tanah untuk bertanam khususnya tanaman hias.

Menanam dengan kertas bekas juga cukup efektif bagi tanaman dalam ruang karena tidak membuat kotor. Pemanfaatan kertas bekas bisa dimanfaatkan sebagai pengganti media tanah untuk menanam tanaman khususnya tanaman bunga hias.
Metode sangat mudah. Pengolahan limbah kertas diawali dengan proses penanaman kertas dalam air. Kemudian dilanjutkan dengan peleburan kertas yang telah basah hingga halus menyerupai tanah asli.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebagian kertas di giling dengan mesin blender. Proses ini diguna agar limbah kertas bisa lebih padat saat dimasukan ke dalam pot tanaman. Proses terakhir kertas yang telah halus kemudian di peras dan bisa digunakan untuk bercocok tanam sebagai pengganti media tanah.
Karena mengandung bahan kimia yang cukup berbahaya bagi tubuh manusia, limbah kertas sebaiknya hanya digunakan untuk menanam tanaman yang tidak dapat dikonsumsi. Selain mudah cara pembuatannya cara ini juga nilai sangat efektif untuk jenis tanaman hias dalam ruangan karena tidak menimbulkan debu dan kotor.

sumber:http://www.indosiar.com/ragam/bercocok-tanam-dengan-media-limbah-kertas_68449.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar