Kamis, 30 Oktober 2014

METODE TANAM TERBALIK (UPSIDE DOWN METHODS)

BAGAIMANA TANAMAN TOMAT DITANAM MENGGANTUNG


menggunakan sabut kelapa yang dibuat seperti bola tetapi anda dapat mengganti dengan bahan lain. Ada beberapa step cara menanam tomat yang ditanam menggantung. anda dapat menggunakan bibit tanaman tomat yang ada dijual di pasar atau kalau mau anda dapat menyemainya dari biji tomat yang tidak terpakai di dapur. Berikut di bawah ini adalah step-stepnya: 
Step 1: BAHAN YANG DIBUTUHKAN
Picture of Materials needed

- Sabut kelapa yang sudah  terlubangi di bagian bawah
- Pupuk Kandang, tanah, kompos, dedaunan
- tali untuk menggantung dan siapkan juga kawat atau besi yg berbentuk lingkaran untuk menopang media dan pot
- Benih tomat 

Step 2: buat lubang pada serabut kelapa

buat lubang di bagian bawah serabut kelapa tadi dengan bentuk huruf "X" atau menyilang. buat lubang sesuai kebutuhan atau anda dapat mengguntingnya dengan ukuran 3 inci.

Step 3: letakkan benih tomat 






langkah selanjutnya letakkan benih tomat kedalam serabut kelapa dengan memasukkan bagian akar terlebih dahulu. sebaiknya sebelum dimasukkan ke dalam serabut usahakan jangan melepas plastik polibag terlebih dahulu, ini akan mengamankan akar dan media tanam bawaan dari kerusakkan. ketika menanam benih tomat masukkan 2 daun muda benih tomat yg nantinya akan tebenam.

Step 4: Pastikan tanaman tomat pada posisi benar

ini bagian yang penting!!! pastikan tanaman tomat anda pada posisi yang benar. pastikan bahwa tangkai yg tersisa atau yang berada di luar tidak terlalu dekat dengan lubang serabut.
Step 5: Gantungkan tanaman anda
selanjutnya gantunglah tanaman baby tomat anda agar terhindar dari kerusakkan karena tertindih serabut kelapa.

Step 6: Mencampur media tanam

langkah selanjutnya mencampur semua bahan media tanam dengan perbandingan;
1/3 Tanah
1/3 Kompos dan kotoran dan dedaunan

Step 7: Isi serabut






Isi serabut kelapa yang sudah tertanam baby tomat tadi dengan campuran media yang sudah disiapkan. lakukan dengan hati jangan sampai merusak akar dan batang baby tomat.

Step 8: Tanaman lain di atas 







maksudnya disini anda dapat menambahkan jenis tanaman lain yang anda mau untuk memperkaya tanaman anda. kemungkinan buruknya jika tanaman tomat anda mati anda masih punya satu tanaman lain. jika keduanya mati maka coba tanam lagi dong!!!!!!!!!.
Step 9: Penyiraman


finished.jpg

Penyiraman dapat dilakukan setiap hari dengan memperhatikan permukaan media tanaman yang membutuhkan. pastikan tanaman anda mudah terjangkau.


Sumber:http://www.instructables.com/id/how-to-plant-hanging-upsidedown-tomatoes/?ALLSTEPS

1 komentar: