Selasa, 07 Oktober 2014

memadukan Beragam Tanaman

Dalam mendesain sebuah taman, kita sering menerapkan pola yang menggunakan komposisi padat beragam jenis tanaman. Ada beberapa tahap dan tindakan yang perlu diterapkan supaya padu padan tersebut tidak saling tumpang tindih dan bentuk komposisi dapat bertahan dalam kurun waktu yang cukup lama meskipun tanaman tersebut tumbuh menjadi besar. Berbagai tahap dan tindakan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tentukan pola tanaman yang diinginkan, apakah menerapkan pola lengkung atau pola geometris tertentu.
  • Tanam jenis tanaman pohon atau semak tinggi pada bagian belakang sebagai latar belakang di dalam komposisi agar tidak menghalangi pandangan.
  • Perhatikan setiap jenis tanaman terutama bentuk daunnya. Apakah daunnya berukuran besar, sedang atau kecil. Apakah struktur daunnya keras atau pun halus.
  • Cari data tentang sifat pertumbuhannya, apakah kelak tanaman tersebut akan menjadi tinggi, sedang atau rendah.
  • Kombinasikan beberapa jnis tanaman sesuai dengan color tonenya. warna- warna hangat dijumpai pada nuansa warna jingga, kuning dan merah, sedangkan warna- warna dingin dijumpai pada warna hijau silver, biru dan ungu. Putih menjadi penegas diantaranya, sedangkan kesan yang dimunculkan bergantung pada pengelompokannya
  • Gunakan warna – warna tersebut sesuai denga kebutuhan supaya tidka memberik kesan berlebihan (over color). Diantara komposisi dedaunan, cukup 1-2 macam aksen warna yang dihadirkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar