Kamis, 16 Oktober 2014

MEMBUAT TANAMAN PENGHALANG SINAR MATAHARI BAG.2

Untuk membuat asri dan menghalangi sinar matahari di rumah mungil, tanaman gantung bisa dijadikan solusi jitu. Pilih juga pot-pot gantung yang unik untuk memperindah suasana halaman yang sempit.
Jangan jadikan lahan sempit untuk menghalangi hobi berkebun Anda. Tanami lahan mungil Anda dengan tanaman hias kesukaan. Tanaman gantung bisa menjadi alternatif.
Asri Dengan Tanaman Gantung  
MorningGlories                                                                 Annual plants 

Tanaman gantung akan memberikan dimensi baru bagi taman di dalam ruang.
"Menggantung tanaman hias di area teras, taman dalam ruang, balkon, atau serambi mungil akan menciptakan atmosfer yang menyenangkan karena bisa memberikan warna lain pada ruang terbuka atau dinding yang polos,"
Menurut Agus, pencinta tanaman yang kreatif bisa menggunakan bermacam kontainer unik untuk menempatkan tanamannya dan menggantungnya dengan cara yang tak biasa. Penampilan tanaman gantung tentu akan terlihat lebih unik dan menarik perhatian.

Lalu, jenis tanaman yang cocok dijadikan tanaman gantung, syarat utama tanamannya harus tumbuh menjalar atau menjuntai hingga menutupi dinding pot yang digantung. Pada umumnya tanaman gantung yang paling baik adalah jenis tanaman rambat.
Kendati demikian, tidak semua tanaman rambat bisa dijadikan pilihan yang tepat. "Yang bisa digantung adalah tanaman yang kecil, seperti Senecio macroglosus (ivy), Aeschynanthus (bunga lipstik), hoya, dan beberapa lainnya," saran Agus.

Aneka Pot Gantung
Pada dasarnya memilih tanaman gantung tak ada bedanya dengan memilih tanaman lain. Akan tetapi, perlu diperhatikan jenis tanamannya, sebaiknya pilih yang bisa tumbuh di rumah pemakai. Apakah jenis tanaman dataran tinggi atau dataran rendah.
Perhatikan juga keperluan akan sinar matahari. Namun, ada banyak tanaman yang tak memerlukan sinar matahari langsung, seperti hoya dan bunga lipstik. Sedangkan bunga sedap malam mini tak terlalu masalah dengan paparan sinar matahari langsung.
Pemilihan pot gantungnya juga harus disesuaikan dengan jenis dan ukuran tanaman, serta kekuatan pot dan keserasian dengan lingkungan sekitarnya. Materi pot yang dipilih bisa dari bahan plastik, keramik, terakota, kawat, dan sebagainya. Pot plastik paling banyak digunakan karena ringan, praktis dan tahan lama. Sehingga dapat ditempatkan di mana saja tanpa perlu khawatir merusak tempat gantungannya. Sementara pot dari bahan besi atau kayu lama-kelamaan akan berkarat, lapuk, dan rusak.
Agar tanaman hias tumbuh subur, pot gantung diberi alas ijuk atau serat sabut, agar lebih menyerap air. "Kelebihan air yang terserap pada alas ijuk atau serabut ini nantinya dapat diserap tanaman bila terjadi penguapan. Ijuk juga berguna memperlancar sirkulasi udara, sehingga tanah atau media tanam tetap porous."

Sumber:http://m2.tabloidnova.com/Nova/Griya/Taman/Asri-Dengan-Tanaman-Gantung dan http://forums.gardenweb.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar