Kamis, 09 Oktober 2014

Cara Merawat Tanaman di Dalam Rumah Agar Tetap Senang Dan Sehat

Cahaya
Jumlah cahaya yang diterima tanaman sangat penting bagi kelangsungan hidupnya.  Carilah informasi tentang tanaman sebelum memutuskan  di mana meletakkannya. Karena cahaya  yang masuk ke dalam ruangan cenderung minim, sering kali pilihan Anda terbatas pada tanaman yang hanya membutuhkan sedikit cahaya/tempat teduh, kecuali jika Anda memiliki jendela lebar yang menghadap ke utara. Ada banyak tanaman yang bisa bertahan jika diletakkan di samping jendela yang terang benderang.

Penyiraman
Terlalu banyak penyiraman sangat tidak diperbolehkan, karena kebanyakan tanaman tidak menyukai akar yang tergenang air. Ini akan membuat akar membusuk dan  menghalangi jalan oksigen  menuju akar, sehingga memperlambat pertumbuhan dan membunuhnya. Tanah harus dibiarkan kering sebelum disiram lagi, kecuali untuk keluarga pakis dan tanaman yang harus selalu lembap. Anda bisa menguji tanah dengan mengangkat pot untuk merasakan beratnya, atau dengan  menusukkan jari ke dalam tanah untuk mengetahui kedalaman kelembapannya. Setelah tanah, atau beberapa sentimeter pertamanyasudah kering, siram tanaman sepenuhnya. Pastikan tanah benar-benar basah, lalu biarkan kelebihan airnya mengalir keluar.

Pemupukan
Beri makan tanaman dalam rumah dengan pupuk cair organik yang bagus sekitar sekali sebulan atau setiap penyiraman keempat.

Hama & Penyakit
Tanaman dalam ruangan lebih rentan terhadap hama dan penyakit, karena udara yang hangat dan kurangnya sirkulasi udara. Awasi tanda-tanda atau warna aneh pada daun, atau  jejak-jejak hama pada tanaman. Untuk mengatasinya, lebih baik bawa foto tanaman Anda ke toko tanaman untuk mengidentifikasi masalah dan memilih produk yang sesuai.


Tips: 
Penggunaan cairan pencuci piring yang telah  diencerkan dengan air hangat pada daun bisa menghilangkan hama atau jamur – namun jangan sampai mengenai tanah.


Tahukah Anda? Penelitian selama dua tahun yang diadakan Badan Antariksa AmerikaSerikat (NASA) menemukan bahwa beberapa tanaman rumah lebih efisien dalam memfilter racun dibandingkan tanaman lain. Philodendrons, Spider plants atau Lili Paris, dan Pothos (Epipremnum aureum), misalnya, adalah tanaman yang paling efisien untuk menghilangkan formaldehida (dari karpet, kayu lapis, perabot siap rakit dan bahan insulasi), sedangkan Gerbera Daisy dan Seruni efektif menghilangkan benzena (dari papan partikel dan beberapa cat), yang dikenal sebagai karsinogen atau penyebab kanker. Namun, perlu diingat bahwa tanaman tidak akan banyak membantu untuk menghilangkan debu atau asap tembakau.


Ingat Tanaman dalam ruangan umumnya tumbuh lebih lambat dibandingkan tanaman luar ruangan karena terkena lebih sedikit cahaya.

sumber:http://www.everydayme.co.id/rumah-kebun/berkebun/artikel/berkebun-di-dalam-rumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar